Search

Mengenal Zona Longitudinal Pada Kaki

Published on May 6th, 2020 | by admin

0

ZONA LONGITUDINAL REFLEKSI PADA KAKI

Halo semuanya salam sehat dan bugar

           Semoga sehat dan kebarokahan selalu menyertai  anda semua, untuk postingan kali ini saya akan memposting zona longitudinal pada kaki khususnya kepada pelanggan dan calon pelanggan pijatbekamonline.com   

Semoga bermanfaat yach…

MENGENAL ZONA LONGITUDINAL REFLEKSI PADA KAKI

Dalam ilmu refleksi zona terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Zona longitudinal
  2. Zona Transversal
  3. Zona Refleks Silang

Refleksologi adalah terapi kesehatan dengan tehnik pijat berdasarkan pada prinsip bahwa terdapat titik / area pada kaki, tangan, dan telinga terhubung ke bagian tubuh / organ lain melalui sistem syaraf.

Pada tahun 1917 Seorang Dokter bernama, William Fitzgerald Crawford seorang konsultan THT yang lahir di kota Middletown, mengembangkan terapi Zona dan menerbitkan buku berjudul “ Zone Therapy “. Dia meneliti tentang penghilang rasa sakit dan menemukan tekanan yang diterapkan pada satu bagian yang menghasilkan efek anestetik pada bagian lain darinya. Dan menggambarkan bahwa tubuh manusia dapat di bagi menjadi 10 zona longitudinal.

Dr. William Fitzgerald menulis dalam bukunya tentang Terapi Zona;  bahwa perawatan dengan pijatan titik tekanan digunakan 5000 tahun yang lalu di India dan Cina. Metode pijat ini bertujuan  untuk mengurangi rasa nyeri yang berfungsi sebagai anastesi

Dalam teori Zona Longitudinal membagi seluruh tubuh menjadi sepuluh bagian dan masing – masing sisinya ada 5 bagian. Zona ini meliputi pada segmen tubuh, depan – belakang, meluas dari ujung kaki sampai ke kepala dan otak. Dari ujung kaki di tarik garis sejajar dengan ujung jari tangan yang sama. Setiap level tubuh mempunyai lebar yang sama

Cara paling sederhana untuk membuat zona longitudinal adalah dengan membagi setiap kaki secara longitudinal menjadi 5 bagian, yaitu 5 bagian kanan dan 5 bagian kiri. Secara teori, itu membagi tubuh menjadi sepuluh zona longitudinal. Zona tersebut adalah :

Zona 1 Pusat – dimulai dari atas kepala melalui pusat dahi, hidung, pusat tubuh, dan cabang dari ibu jari dan jari-jari kaki besar. Organ dalam zona ini adalah kelenjar pituitari, pineal, hipotalamus, tiroid, thymus, pankreas, otak, laring, hidung, lidah, sinus, esofagus, jantung, tulang belakang, usus kecil dan besar, payudara, dan prostat.

Zona kiri 2 – dimulai dari atas kepala melalui mata kiri, tubuh, dan ranting ke jari telunjuk kiri dan jari kaki kedua. Organ dalam zona ini adalah kelenjar gondok, limpa, pankreas, otak, mata, paru-paru, jantung, perut, payudara, dan usus kecil dan besar.

Zona kanan 2 – dimulai dari atas kepala melalui mata kanan, tubuh, dan bercabang ke jari telunjuk kanan dan jari kaki kedua. Organ dalam zona ini adalah otak, mata, paru-paru, payudara, hati, usus kecil, usus besar, dan adenoid.

Zona kiri 3 – dimulai dari atas kepala melalui mata kiri, tubuh, dan bercabang ke jari tengah kiri dan jari kaki ketiga. Organ dalam zona ini adalah limpa, pankreas, kelenjar adrenal, otak, mata, paru-paru, payudara, perut, ginjal, dan usus kecil dan besar.

Zona kanan 3 – dimulai dari atas kepala melalui mata kanan, tubuh, dan bercabang ke jari tengah kanan dan jari kaki ketiga. Organ dalam zona ini adalah kelenjar adrenal, otak, mata, payudara, hati, kandung empedu, ginjal, dan usus kecil dan besar.

Zona kiri 4 – dimulai dari atas kepala melalui telinga tengah, tubuh, dan ranting ke jari manis sisi kiri dan jari kaki keempat. Organ dalam zona ini adalah otak, mata, payudara, paru-paru, usus besar, dan indung telur.

Zona kanan 4 – dimulai dari atas kepala melalui telinga tengah, tubuh, dan ranting ke jari manis sisi kanan dan jari kaki keempat. Organ dalam zona ini adalah otak, mata, saluran limfatik utama, paru-paru, payudara, hati, usus besar, katup ileocecal, dan usus buntu.

Zona kiri 5 – dimulai dari atas kepala melalui telinga eksternal, tubuh, dan cabang ke jari kelingking dan jari kaki kelima. Organ dalam zona ini adalah telinga.

Zona kanan 5 – dimulai dari atas kepala melalui telinga luar, tubuh, dan bercabang ke jari kelingking dan jari kaki kelima. Organ dalam zona ini adalah telinga.

Zona tubuh mulai di bagian atas kepala dan berakhir di kaki. Semua organ, kelenjar, dan saraf jatuh ke dalam zona-zona ini; jadi, peta seluruh tubuh ada di kaki. Dengan menekan area dalam zona di kaki dan mungkin untuk merangsang bagian-bagian tertentu dari tubuh. Reflexologists percaya energi bergerak melalui zona, menghubungkan semua bagian di zona yang sama.

untuk postingan kali ini semoga bermanfaat yach…

 

by : Nur Hudha Ashidiqi ( 0812 8004 5555 )

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑